Otorita IKN dan UI Tandatangani MoU di Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat

NUSANTARA – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) tandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama Universitas Indonesia (UI) di kawasan konstruksi IKN, pada Jumat (12/05/2023). MoU yang ditandatangani langsung oleh Kepala OIKN, Ir. Bambang Susantono, MCP., MSCE., Ph.D. dan Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, SE., MA., Ph.D. tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Menurut Kepala OIKN, “Komitmen bersama hari ini menjadi langkah awal bagi kita semua untuk berkolaborasi melakukan berbagai hal yang dapat dikembangkan dan diaplikasikan terkait berbagai terobosan dan inovasi baru pengetahuan dan pengembangan teknologi, serta berbagai nature-based solution bagi perencanaan dan pembangunan ibukota Nusantara yang modern berkelanjutan.”

Sedangkan bagi UI, seperti dikatakan Prof. Ari, “Harapan kami adalah IKN dapat menjadi research headquarters dan tempat para periset dan pengajar dari ragam tempat dunia dan Indonesia untuk berbagi pengetahuan dan melakukan kolaborasi riset. IKN dapat menjadi inspirasi bagi para periset untuk menyumbangkan ide dan pikirannya serta hilirisasi riset bagi pembangunan Indonesia.”

Kerja sama kedua belah pihak ini nantinya meliputi pertama, digitalisasi pembangunan dan pengelolaan IKN, dan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kedua, pengimplementasian teknologi yang inovatif dan bermanfaat bagi kedua pihak secara proporsional dan efektif terhadap transformasi dan digitalisasi pembangunan dan pengelolaan IKN. Ketiga, pengembangan sumber daya manusia melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan. Keempat, pengembangan dan peningkatan potensi sumber daya alam melalui penyelenggaraan penelitian dan pengkajian. 

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Prof. Mohammed Ali Berawi M.Eng.Sc, Ph.D., Deputi Transformasi Hijau dan Digital; Dr. Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi, M.Si., Deputi Pengendalian Pembangunan; Drs. Alimuddin, M.Si., Deputi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat; Tim Ahli Kedeputian Transformasi Hijau dan Digital OIKN, Prof Dr.Ing Nandy Putra dan Prof Yandi Andriatmo PhD; serta jajaran eselon 1 dan Eselon 2 OIKN lainnya. 

Kemudian, Prof. Ali Berawi, Prof. Nandy, dan Prof. Yandi, adalah sivitas akademika UI yang merupakan guru besar di Fakultas Teknik UI.   Sedangkan dari pihak UI, Prof. Ari didampingi oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA), Dr. (H.C.) Noni Purnomo B.Eng., M.B.A.; Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K); Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi; Direktur Kerja Sama, Dr. Toto Pranoto, S.E., M.M.; serta staf delegasi UI.

14 Mei 2023